Radiasi Ponsel Bersarang di Kepala

imagesBelakangan ini telah muncul gadget yang menggunakan vibration speaker yang mampu meningkatkan kualitas suara, hanya dengan menempelkannya ke tubuh seperti kepala. Tapi bahaya gak ya…..???cari tahu yuk!
Kalian pernah mendengar istilah SAR nggak? SAR (specific absorption rate) adalah ukuran besar radiasi elektromagnetik yang diserap selaput kepala kalo kita sedang menggunakan ponsel.Makin tinggi rasio yang ditunjukkan, makin banyak radiasi yang diserap tubuh kita. Di Amerika, Federal Communications Commission (FCC), nentuin batas paling tinggi SAR yaitu 1,6 W/kg,  sementara di kawasan Eropa batasan SAR yaitu 2 W/kg. Kalo di Indonesia berapa ya? Kayaknya belum ada ketentuan dari Ditjen Pos dan Telekomunikasi buat nentuin standar spesifikasi ponsel menyangkut kesehatan dan keamanan masyarakat padahal itu penting banget loh.
Ponsel memakai gelombang radio untuk mentransmisikan sinyal. Gelombang radio merupakan bagian dari ‘spektrum elektromagnetik’ dan spectrum tersebut dibagi jadi beberapa bagian berdasarkan frekuensi gelombangnya. Masih ingetkan satuannya Hz, makin tinggi frekuensi makin banyak gelombangnya. Jadi, makin besar kemungkinan membahayakan kesehatan.
Di Universitas Lund, di Swedia beberapa waktu lalu melakukan penelitian yang ngungkapin kalo yang dipancarkan ponsel dapat mempengaruhi fungsi enzim dan protein. Mereka melakukan penelitian terhadap seekor tikus yang memiliki sistem neuron dan sawar darah yang serupa dengan manusia dengan cara dipancarkan gelombang radiasi selama 2 jam yang sama dengan radiasi yang dipancarkan ponsel, setelah 50 hari menunjukkan terjadinya perubahan biokimia dalam darah tikus dan banyak sel otak mati pada tikus yang dipancarkan radiasi level menengah dan tinggi.
i… serem banget ya jadi jangan menggunakan ponsel dengan frekuensi yang tinggi dan terlalu sering dipake nelpon atau dengerin musik kalo nasibnya gak mau kayak tikus tadi.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    Randi said,

    blogNya ckup untUk menjdi wawasan..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: